Sunday, January 8, 2023

Cara Mengatasi Laptop Ngelag pada Windows 10

Meskipun Microsoft melakukan banyak update atau pembaruan, namun tak sedikit penggunanya yang mengeluhkan Windows 10 yang sering ngelag. Sistem operasi Windows 10 disebut lambat alias sering ngelag. Padahal Windows 10 jadi sistem operasi yang banyak digunakan karena hadir dengan sederet fitur yang nyaman untuk digunakan. Baca juga: Apa Itu Binary Option? Penyebab laptop ngelag tidak hanya disebabkan oleh sistem operasi saja. 2. Cek kapasitas hard disk Anda. Bisa saja salah satu penyebab laptop ngelag yang disebutkan di atas tersebut ditemukan pada laptop Anda. Mengetahui penyebab mengapa laptop sering ngelag akan membantu mengatasinya dengan tepat. Cara mengatasi laptop ngelag pada Windows 10 bisa Anda lakukan sendiri. Cara-cara yang akan dibagikan di bawah ini cukup mudah, praktis dan tidak ribet atau memakan banyak waktu. Terkadang kita tidak sadar ada begitu banyak program yang berjalan di layar belakang dan menguras sebagian dari sumber daya. Anda perlu mematikan program yang tidak diperlukan karena bisa menyebabkan laptop jadi ngelag dan Windows berjalan lambat.

Solusi lain dari lemotnya laptop karena banyak aplikasi ialah dengan menghapus beberapa dari aplikasi tersebut. Cara menghapus aplikasi dari laptop juga relatif mudah dan dapat dilakukan oleh Anda sendiri saat ini juga. Buka terlebih dahulu pilihan menu 'Control Panel', kemudian temukan opsi 'Uninstall Program' dan klik untuk masuk ke jendela tersebut. Temukan aplikasi mana yang ingin Anda hapus. Berikutnya klik aplikasi tersebut dan pilih 'Uninstall'. Selain banyaknya instalan aplikasi di laptop, sejumlah program yang berjalan secara berlebihan di startup juga dapat menyebabkan laptop lemot. Kian banyak program yang dijalankan di startup tentu akan menjadikan proses multitasking di laptop kian berat. Lalu, seperti apa solusi terbaiknya? Setelahnya, pada kolom tersedia ketikkan 'msconfig'. Lanjutkan dengan mengetuk pilihan 'Ok' atau klik 'Enter' pada keyboard laptop . Berikutnya pada bagian jendela 'System Configuration' pilih opsi 'Startup'. Klik kanan pada bagian program mana yang hendak dinonaktifkan dari bagian 'Startup', kemudian pilih 'Disable'. Maka program yang berjalan di bagian 'Startup' akan terhenti. Rupanya ada banyak cara mengatasi laptop lemot yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa pahami terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab utama lemotnya laptop Anda. Jangan gegabah dengan membawanya langsung ke tempat service. Barangkali Anda justru bisa memperbaikinya sendiri. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat! Silahkan kunjungi halaman ExpertBook B3 Flip, Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS Terbaru untuk membaca konten promosi selengkapnya! Selanjutnya temukan Feed Blog Daily Info dengan klik Following atau Mengikuti untuk membaca artikel seperti menggunakan aplikasi smartphone biasa. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Karena kinerja yang terganggu ini dapat menyebabkan seluruh sistem komputer tidak dapat beke rja dengan baik. Hard disk merupakan komponen vital dimana semua data, baik yang belum diproses maupun yang sudah diproses, akan disimpan. Jadi pastikan hardware yang satu ini dalam kondisi baik. Del pada kebanyakan jenis laptop. Kemudian tunggu hingga masuk ke Fitur Task Manager. Kemudian pilih dan hentikan perangkat lunak dengan mengklik "End Task". Dengan cara ini, Anda dapat menutup paksa perangkat lunak dan aplikasi yang sedang berjalan atau mengalami masalah. Caranya dengan menekan tombol power selama 5 detik maka laptop akan langsung mati. Dari sini Anda dapat mencoba me-restart laptop Anda. Jika langkah-langkah di atas tidak dapat mengatasi laptop Anda hang, kemungkinan telah terjadi kerusakan hardware. Dalam hal ini, Anda harus melakukan perbaikan kepada seseorang yang lebih ahli dalam hal ini. Cara mengatasi laptop hang selanjutnya adalah dengan service laptop anda dengan teknisi komputer yang lebih berpengalaman. Sebenarnya ada beberapa penyebab komputer pc laptop sering hang, macet dan tidak merespon.

Sering mengalami laptop hang dan tiba-tiba tidak dapat digunakan, hal ini merupakan masalah yang serius dan tidak boleh dianggap remeh. Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop kita menjadi hang. Untuk cara mengatasi laptop hang tidak bergerak akan kita ulas selengkapnya pada artikel ini. Laptop yang mengalami kendala hang banyak faktor mulai dari hardware yang mulai tertinggal dan juga dari software yang rusak. Kondisi dari setiap laptop pengguna berbeda-beda dan tidak sama kasus untuk hangnya. Bahkan ada kasus seperti Windows error, mouse tidak bisa di gerakan, force close saat menggunakan aplikasi dan restart blue screen. Dan hal terpasti ketika hang pada laptop kita harus mengetahui faktornya terlebih dahulu lalu membereskannya. Jangan sampai hang ini terjadi ketika kita sedang melakukan pekerjaan, yang tentunya sangat menghambat aktivitas bekerja dan bahkan bisa menghambat semuanya. Dan terparahnya lagi ketika terjadi crash laptop tidak bis a di nyalakan lagi. Untuk jenis hang sendiri akan di jumpai oleh tipe laptop berbasis Windows pada umumnya dan di ikuti oleh Linux serta MacOs.

No comments:

Post a Comment