Sunday, January 8, 2023

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Mudah

Pada sistem operasi Windows 10 terbarunya, Microsoft menyematkan fitur untuk melakukan update secara otomatis pada sistem operasinya. Hal ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pada bug yang melambatkan sistem kerja operasi atau untuk meningkatkan keamanan pada sistem operasi Windows 10 tersebut. Beberapa jenis update yang dilakukan oleh Windows 10 tersebut terkadang merupakan update minor yang tidak terlalu besar ukuran file update-nya. Namun terkadang dalam periode tertentu, update yang diberikan oleh Windows 10 tersebut merupakan update yang besar dan signifikan untuk meningkatkan kinerja dan juga efisiensi sistem operasinya. Maka dari itu, jika sistem operasi Windows 10 yang Anda gunakan mulai terasa lambat, salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 10 adalah dengan mengecek ada tidaknya update yang harus dilakukan pada Windows Anda. Jika terdapat file yang harus diperbarui, ada baiknya jika Anda melakukan update untuk meningkatkan kinerja perangkat Anda. Perlu juga Anda ketahui bahwa penyebab laptop menjadi lemot sebenarnya bisa beragam. Salah satu kemungkinannya adalah karena adanya serangan virus atau spyware pada perangkat laptop yang Anda miliki.

Awasi selalu data perusahaan yang terdapat di seluruh platform dan perangkat, seperti ponsel pintar, tablet, laptop, maupun di removable drive. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan keamanan dan melindungi seluruh endpoint termasuk perangkat bergerak, mengintegrasikan penerapan data loss prevention (DLP), mengenkripsi data, serta mengenkripsi seluruh komunikasi email. Bentuklah sebuah tim tanggap insiden/incident response team yang anggotanya berasal dari berbagai macam divisi perusahaan dengan berbagai latar belakang keahlian yang berbeda, seperti sumber daya manusia, legal, public relations, serta threat intelligence. Lakukan assessment terhadap masing-masing individu yang terlibat dalam tim tersebut terkait kemampuan dan kepiawaian mereka yang terkait dengan bidang keamanan dan bila perlu adakan pelatihan khusus yang memuat skill set lengkap agar mampu membantu dalam mengatasi kekurangan mereka. Anda perlu melakukan tindakan proaktif dalam menyiapkan tim jaringan dan sekaligus tim tanggap insiden bilamana hadir serangan yang tidak diharapkan. Cara ini dapat membangun konteks di seputar perilaku jaringan di setiap waktu saat tengah menuntaskan segala macam aktivitas dan dalam kaitannya dengan seluruh pengguna. Dengan memanfaatkan threat intelligence, Anda dapat menjerat sekaligus menganalisis seluruh perilaku yang terjadi di infrastruktur yang di luar hal kewajaran, serta bagaimana strategi dan tindakan untuk melakukan mitigasi setiap risiko dan ancaman yang hadir. Hal ini dapat terwujud dengan memadukan data internal terkait serangan yang pernah berhasil terjaring, data milik pihak ketiga terkait ancaman, serta dari hasil pantauan yang dilakukan oleh para analis keamanan yang telah terlatih dan piawai. Penulis, Dhanya Thakkar merupakan Managing Director & VP, A sia Pacific Trend Micro. Fans Minta MU Beli Bellingham-Mbappe, Ten Hag: Kamu Punya Uangnya? Dolar AS Menggila Bisa Bikin Banyak Negara Kelimpungan, Kok Bisa?

Penyebab pertama adalah karena kurangnya kapasitas memori atau RAM di dalam PC. Jika RAM laptop kamu berkapasitas kecil dan dipaksakan untuk menjalankan aplikasi atau program berat, maka laptop akan mengalami not responding. Jika hal ini terus dilakukan, kemungkinan terburuknya adalah motherboad laptop kamu dapat rusak. Untuk itu tips mengatasi laptop freeze jika masih terdapat slot untuk menambahkan RAM, ada baiknya tambah kapasitas RAM kamu menjadi lebih besar. Terlalu banyak program juga dapat menjadi penyebab terjadinya freeze pada komputer. Karena program yang banyak ini akan memakan banyak RAM. Terkadang terdapat beberapa program yang tidak dijalankan namun berjalan di latar belakang. Akibatnya perangkat kamu menjadi lelet kemudian not responding. Salah satu tips mengatasi laptop freeze adalah dengan uninstall progr am yang kira-kira tidak kamu gunakan atau jarang digunakan. Hal ini berguna untuk meringankan beban laptop karena terlalu banyaknya program. Penyebab yang sering muncul saat terjadi masalah ini adalah adanya virus, malware atau sejenisnya.

Masalah kecepatan Dialup adalah masalah yang hanya bisa diperbaiki dengan upgrade ke koneksi yang lebih cepat. Adapun jika Anda merasakan gejala akses internet menjadi lambat dan begitu berat, bandwith terasa seperti berbagi dengan IP lain, koneksi sering gagal. Maka ini pertanda laptop terserang virus tongji. Untuk mengatasi laptop lemot dengan permasalahan ini dapat dengan cara menginstal antivirus terbaru dan terupdate. Baca : Waspadai Serangan 6 Jenis Virus Berbahaya Bagi Komputer Ini! Sebagai rekomendasi, karena virus yang menyerang ini berasal dari internet dan juga membuat internet lemot, gunakanlah anti virus internet security. Anti virus internet security akan membantu Anda untuk mendeteksi virus yang ada di setiap halaman browser y ang Anda akses. Jika terdapat virus, maka anti virus akan menahannya agar tidak masuk ke hard disk. Pembaharuan windows tanpa sepengetahuan Anda, juga dapat membuat kinerja laptop terganggu. Hal ini disebabkan selama proses pembaharuan akan banyak file-file terbaru yang harus diupdate ke sistem operasi.

No comments:

Post a Comment